Malu Bertanya, Motor Tertahan, Uang Melayang, Pengalaman

by - June 12, 2018


Kejadian ini hanya dilakukan oleh profesional. Jangan ditiru jika ada anda belum cukup sabar. *padahal kayanya banyak yang ngalamin lebih parah, hehe

Ini blog udah nganggur lama dan balik lagi dengan cerita yang mengundang tawa dan tangis. Hiks. Semoga dengan ini semua pihak dapat mengambil hikmah dan pelajaran.

Jadi ceritanya Senin, 11 Juni 2018 saya memutuskan untuk buka puasa di luar. Pengen makan seafood di tempat baru daerah pasteur, namanya Seafood Pasteur 76 gara-gara teracuni postingan ig @makanpakereceh dan karena tempatnya masih baru sehingga harganya masih murah. Rasanya? Not bad at all. Karena saya sedang ingin makan kepiting dan ingin mencoba kerang dara juga, jadilah pesan menu plater yang bisa mengakomodir semua keinginan sejak sebulan lalu yang baru terealisasi (kurang sedih apa coba, hiks). Sepertinya saya salah pilih saus, padahal si saya udah pede ahh saus padangnya kayanya enak. Tapi partner jajan saya hari itu ingin saus lada hitam, yowes mengalah dan akhirnya rasanya yaa gitu lah. Hehehe.

Oke kembali ke cerita yang menguras kesabaran serta air mata. Singkat cerita karena estimasi kemacetan sedangkan realitanya lancar jaya akhirnya masih 16.20 sudah sampai di lokasi. Yahh masih lama menuju buka. Akhirnya setelah pesan dulu kita main dulu aja yuk. Kemana? Katanya pengen ke pvj udah lama ga kesana. Ngapain? Ya kali aja ada yang bisa dibeli. Emang yakin mampu belinya? Walau ujung-ujungnya yang kebeli mah Miniso lagi. (Hidup rakyat jelata).

Nahh ini nih dimulai ketika kita sok-sokan main ke mall padahal biasanya juga ikut emak ke pasar, hee. Masuk parkir penuuuh ampe susah cari tempat. Sampai akhirnya nemu di deket pintu keluar parkir, yeayyy. Yuk, masuk. Tapiii, wait. Itu spanduk apaan?

"Siapkan e-money dan karcis parkir anda. Pastikan saldo e-money anda cukup."

Eh eh serius e-parking system udah mulai berlaku? Uang kartal ga laku lagi nih di parkiran PVJ? Ini uang beneran yang resmi dikeluarkan BI sebagai alat pembayaran lho (hehe). Sebagai pengguna setia motor, punya e-money card aja kagak. Ya kecuali kalo motor udah boleh masuk tol. Karena saat ini sih di Bandung penggunaannya belum terlalu familiar kecuali buat bayar tol doang. Buat yang tinggal di Jakarta kayanya udah ga asing ya walau kalian jarang masuk tol pun, banyak yang pake buat KRL atau busway. Googling ah beneran harus banget pake sistem yang katanya masih sosialisasi itu? Oo ternyata sejak agustus 2017 gaess, kemana aja. Wihh ko rame komentar orang yang kesel di twitter. Oke mulai panik nih.
https://www.yooying.com/p/1576090832677911027
Ini nih dan komentar orang di twitter yang bikin kita yakin ga ada jalan lain

Coba naik dulu ke atas kali aja ada tempat belinya. Ehh di pintu masuk ada mesinnya nih. Lho cuma buat top up doang. Gimana dong. Santai, minimarket jual ko. Ya udah di luar ada Indomaret. Jalan ke luar dan tanya ada e-money card ga. Kata masnya "habis mba, cuma bisa top up". Kalem, tetap slow ya. Melipir ke belahan jiwanya Indomaret, Alfamart di sebelah, sama juga. Hee. Udah boleh panik? Mana udah jam 5 lewat, gimana dong. Masa iya mau nyusurin sepanjang sukajadi terus singgah dengan pertanyaan sama "ada e-money card?". Mikir dulu.

Ya udah balik ke pasteur aja, tadi di deket tempat makannya juga ada Indomaret. Kali aja di situ ada. Ya udah akhirnya balik ke pasteur .... pakai grab, karena motor tak bisa keluar, hee. Motornya kita percayakan pada mamang parkir pvj yahhh. Kita bawa kendaraan sendiri, tapi ujungannya pakai transportasi umum. Sekocak itu.

Alhamdulillah ga macet dan sampai 5 menit sebelum adzan. Yuk ke Indomaret dulu. "Maaf mba kosong. Coba Indomaret yang sebelum masuk tol mba." Makasih lho, mulai lemes kita. Ya udah makan dulu aja. Setelah makan dan shalat petualangan kita mulai lagi. Lihat di maps coba ada ga indomaret deket pintu masuk tol. Ga ada. Heee. Eh tadi sebelum muter, perasaan lihat Indomaret juga di seberang sekitar 100 meter dari sini. Ya udah coba kesana yuk. Setelah perjuangan naik turun tangga JPO serta jalan 100 meter dengan perut kenyang, karena platernya lumayan banyak juga kayanya cukup kalo buat empat orang porsi perempuan. Dan akhirnya ... dapat. Yeayyyyyy. Mari kita ambil motor.
https://m.tokopedia.com/jayajaket/indomaret-card-e-money
O ya kita akhirnya beli indomaret card, karena e-money yang keluaran mandiri itu habis. Tapi fungsinya antara lain tetap sama ko.

Oke kembali kesana dan sebelum keluar pintu menuju parkir lirik lagi pake ujung mata si mesin top up e-money itu dengan hawa judes. "Hehh, nih dapet nih kita e-money cardnya" Ehh bentar bentar, itu apaan, ko di bawahnya ada bagian menjorok dan ada tulisan "silakan ambil kartu disini". Hihh, bisa beli jugaa disini? Ah itu mah buat ambil kartu setelah top up kali. Bukaan, kalo mau top up mah cuma tinggal di-tap doang. Coba dicobaa dulu beneran bisa ga? Kita coba-coba lah. Heee beneran bisa beli disitu juga dong. Setelah mendaki JPO lewati sukajadi-pasteur hanya untuk sebuah kartu. Penyesalan pertama. Lho? Masih ada emang? Masih dooong.

Ya udah lah pengalaman yak lain kali jangan panik dulu, orang bisa beli kartu disitu juga. Keluar parkir deh ah. Pas lagi antri ... eh eh ko di depan kita ngasiin duit. Duit elektronik? Bukan, serius duit. Heeeee, penyesalan kedua. Jadi hikmahnya coba tanya dulu kalo liat sesuatu. Jangan panik duluan, kali aja emang ada jalan yang lebih mudah kan.

Jadi, parkir hari itu serasa kita parkir di Jerman. Karena kalau ditotal buat bayar parkir kita jadi nambah 30k buat grab bolak-balik, 25k buat beli e-money card, dan 50k buat saldo e-money yang kita beli di indomaret dan minimalnya cuma bisa segitu. Padahal tadi di mesin top up itu juga bisa yang 20k aja. Canggih ga tuh parkir aja udah kaya bayar tol Bdg-Jkt kaaan.


PS : Someday, sistem uang elektronik itu mungkin bakal jadi pembayaran kita sehari-hari ampe mamang cilok pun udah sedia mesin EDC deh entar. Dan sekarang udah banyak banget platform penyedia si duit giral ini. Tiap bank punya bahkan Telkomsel aja ngeluarin T-Cash kan. Keuntungannya apa? Praktis aja keluar ga takut dicopet. Yang dirasa rakyat awam mah gitu aja kali. Kerugiannya apa? Yaa agak keder di awal. Selain itu, di ujungnya jadi kaya nasabah yang ga nutup rekening. Membiarkan uang beberapa ribu di rekeningnya, yang bersangkutan meninggal, ya udah duitnya jadi milik si banknya. Dan berapa ribu nasabah yang melakuan hal yang sama? Wowww.

PPS : Parkir PVJ masih bisa pakai cash tapi hingga hari kemarin. Ga jamin bakal sampai kapannya.

You May Also Like

4 comments

  1. Kocakk bet kak... penyabarr👍😁😁

    ReplyDelete
  2. Kalo sekarang cash bisa ga ya ka?aku mau kesana tapi bingung parkirnya bisa cash atau engga

    ReplyDelete
    Replies
    1. masih ko .. kmrn terakhir kesana setelah lebaran masih bisa pakai cash

      Delete