Share Pengalaman Seleksi CPNS Guru Kimia DKI (Part 3 - SKB) #2019goestoASN

by - February 05, 2019

Ada empat orang yang nilainya melampaui passing grade SKD, tapi yang lolos ke SKB maksimal 3 X formasi. Karena formasi Guru Kimia di SMA yang saya lamar hanya satu, jadi total ada tiga orang yang akan mengikuti SKB termasuk saya. Yeayyy, senang karena mikirnya (saat itu) kalau ga lulus pun, setidaknya punya pengalaman pernah menjalani tes SKB.
Dari hasil SKD kita bisa tahu nilai peserta lain
Part sebelumnya (klik 👉 Part 2 tentang SKD) saya pernah cerita kalau ada perubahan aturan karena melihat hasil SKD yang sangat jauh dari jumlah formasi, sehingga dikeluarkan Permen baru dengan aturan Passing Grade yang baru (saya lupa gimana aturan PG yang baru ini). Lihat kan no urut 1 s.d 4 keterangannya P1 artinya lulus Passing Grade berdasarkan Permen lama, sedangkan P2 artinya lulus Passing Grade berdasarkan Permen baru. Jadi kalau tidak ada peserta yang lolos P1 di suatu formasi, maka peserta P2 yang akan lanjut ke SKB. Tapi P1 juga tidak menjamin ikut SKB, peserta nomor 4 lulus P1 tapi karena aturan 3 x formasi, maka dia ga bisa ikut SKB. Kalau hanya satu yang P1? Kalau bahasa saat itu auto-PNS karena ga punya saingan lagi meski dia tetap wajib ikut SKB.

Apa yang harus dipersiapkan untuk SKB ??

Jarak dari pengumuman hasil SKD menuju tes SKB hanya beberapa hari saja. Diumumkan hari Sabtu pagi, tes SKB diadakan hari Senin-Kamis. Jadi lumayan mepet (lagi). Hal kaya gini entah hanya terjadi di Pemprov DKI atau instansi lain. Soalnya teman yang daftar di Kemenag punya jarak waktu seminggu menuju tes SKB. Alhamdulillah-nya saya kebagian tes hari Rabu.
Seingat saya Pansel tidak memberikan kisi-kisi khusus untuk SKB ini. Yang bisa kita lakukan hanya menganalisis berdasarkan pengalaman tahun sebelumnya. Sedikit berbeda untuk tahun ini dimana SKB CPNS Pemda hanya boleh dilakukan dengan sistem CAT, sedangkan untuk kementerian atau lembaga diperbolehkan mengadakan tes lain seperti tes praktik kerja atau wawancara selain tetap juga menggunakan sistem CAT. Karena saya ikut Pemda (Provinsi DKI Jakarta), berarti saya hanya perlu mempersiapkan untuk tes CAT (lagi).
Berdasarkan hasil surfing dunia maya, untuk formasi guru, tes yang diberikan katanya seperti tes Ujian PPG, ada juga yang bilang mirip UKG. Yaa yang bisa saya lakukan hanya cari-cari bahan dari ujian-ujian tersebut. Salah satunya baca dari blog 👉 (sila klik linknya). Lantas berguna ga sih bahan belajarnya?

Soal SKB ??

Masih dengan dresscode yang sama, (karena sampai tahapan pemberkasan pun dresscode-nya masih sama ya) tes kali ini saya dapat sesi 3 dengan waktu tes 12.30-14.00. Beda sama SKD yang dapat sesi pagi, tes yang ini berasa lebih berat karena konsentrasi sudah mulai turun di siang hari. Ditambah lagi beban mental karena ternyata punya saingan.

Kalau berdasarkan UU, kompetensi guru itu terbagi menjadi kompetensi pedagodik, kepribadian, sosial, dan profesional. Tapi untuk tes SKB guru kimia ini sepertinya hanya dibagi dua kategori saja. 50 soal tentang kompetensi pedagodik, kepribadian, dan sosial. Sisanya tentang materi kimia.
Di bagian awal tentang tiga kompetensi itu (saya ga begitu inget jelas) kayanya dominan di kompetensi pedagogik dan kebanyakan soal tentang PTK (Penelitian Tindakan Kelas).
Sementara buat materi kimianya tinggal pelajari saja soal-soal UN dan soal SBMPTN. Angkanya juga cantik alias masih kelipatan-kelipatan yang bikin enak ngitungnya. 
Kocaknya beberapa hari sebelum tes saya bikin soal Penilaian Harian (ulangan) buat siswa yang saya ajar yang saya ambil dari soal UN. Ehh ternyata keluar dan soalnya sama persis. Lumayan. Mana soal hitungan walau rumusnya gampang tapi banyak angkanya. Jadi ga perlu ngitung karena saya masih ingat jawabannya.
Bagian yang bikin mules di materi kimia adalah tentang biokimia. Pengen nangis saya baca soal tentang enzim dan asam amino yang sama sekali saya ga tahu.
Karena sifatnya yang hafalan itu yang akhirnya bikin ga bisa ngapa-ngapain kalau emang ga tahu. Jadi yowes asal klik wae. Sekali lagi, jangan meninggalkan soal kosong ya karena ga ada sistem minus.
Poin untuk soal yang benar masing-masing lima dengan jumlah soal 100.
Dan saat selesai skor saya hanya 295. Pasrah saja walau di luar suami tetap menyambut dengan senyuman 😬.


Kapan pengumuman hasil akhir keluar ??

Ini yang biking galau. Hasil dari dua tes (SKD dan SKB) diintegrasikan langsung oleh BKN. Jadi kebayang dengan ratusan instansi dan ratusan ribu orang yang ikut tes diolah oleh mereka semua. Kita harus nunggu antrian kapan instansi kita selesai menjalani proses di BKN ini.
Rajin pantengin media sosial terutama twitternya BKN aja, karena di samping BKD DKI ga punya medsos, medsos DKI ga pernah sama sekali singgung proses seleksi CPNS.
Sementara instansi lain sudah melakukan pemberkasan, DKI Jakarta masih betah di BKN. Yaa, tinggal tawakal saja jangan terlalu berambisi takut kecewa, itung-itung ikut undian dan dapat pengalaman jalan-jalan. Dulu gitu aja mikirnya.

Dan sekadar saran (ala-ala people jaman now), segala surat yang kita prediksi akan diperlukan saat pemberkasan semacam Surat Keterangan Sehat Jasmani dan Rohani, Surat Keterangan Bebas Narkoba (SKBN), dan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) sila urus setelah mendapat pengumuman final. Tapi kalau mau nyicil legalisir ijazah mulai dari SD sampai dengan pendidikan terakhir boleh.
Karena berdasarkan pengalaman, ada dua alasan kenapa lebih baik dipersiapkan nanti saja.
  • Waktu itu saya mendatangi RSUD Ciawi karena suami menyarankan untuk membuat Surat Keterangan Sehat Jasmani, Rohani, dan SKBN. Berdasarkan pengalaman sebelumnya, khawatir jarak pengumuman ke pemberkasan mepet. Tapi dengan sangat baik hati perawat di sana menjelaskan rincian harga pembuatan surat-surat tersebut yang mencapai satu juta sekian (yang bagi saya besar dan sayang kalau ternyata ga lolos) dan menyarankan membuat nanti saja kalau sudah ada pengumuman final. Kita juga sempat rada keukeuh khawatir waktunya mepet, tapi perawat ini meyakinkan kalau biasanya Pansel akan memberi waktu yang cukup. Oke akhirnya kita pulang dan akhirnya saya juga ga bikin disini dan menemukan RS yang lebih murah.
  • Berhubung akhir Desember itu saya liburan ke rumah orang tua, saya juga sekalian buat SKCK (karena KTP saya masih Cimahi dan setahu saya pembuatan SKCK masih harus sesuai alamat KTP walau sempet baca juga ada beberapa Polres yang sudah memiliki sistem integrasi, jadi kita bisa buat SKCK di Polres terdekat sesuai domisili). Waktu itu SKCK saya keluar per tanggal 26 Desember 2018. Dan who knows ternyata setelah pengumuman final keluar di bulan Januari 2019, SKCK yang diperlukan harus dikeluarkan di bulan Januari 2019. Jadi sia-sia 😅.
Apa waktunya cukup? Memang cukup mepet 😅, tapi kalau berusaha pasti cukup. Dan kalau saya boleh meringankan hati agar tidak terlalu tegang dengan pemberkasan ini adalah … slow aja karena biasanya (pengalaman pemberkasan kemarin) BKD memberikan waktu lagi untuk melengkapi berkas yang masih salah atau belum lengkap dengan tenggat waktunya sekitar seminggu setelah pemberkasan.

Insyaallah nanti saya juga akan share pengalaman pemberkasan yang ternyata ga seseram yang diduga. (👉 Part 4 (end) tentang pemberkasan)

You May Also Like

39 comments

  1. halo mba widya, aku mau tanya2 dong soal cpns guru pemprov dki, bole minta email mba untuk nanya-nanya? terimakasih sebelumnya ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
    2. Kisah cerita mendapatkan ijazah asli

      ASSALAMUALAIKUM SAYA INGIN BERBAGI CARA SUKSES SAYA NGURUS IJAZAH saya atas nama rany asal dari jawa timur sedikit saya ingin berbagi cerita masalah pengurusan ijazah saya yang kemarin hilang mulai dari ijazah SD sampai SMA, tapi alhamdulillah untung saja ada salah satu keluarga saya yang bekerja di salah satu dinas kabupaten di wilayah jawa timur dia memberikan petunjuk cara mengurus ijazah saya yang hilang, dia memberikan no hp BPK DR SUTANTO S.H, M.A beliau selaku kepala biro umum di kantor kemendikbud pusat jakarta nomor hp beliau 0823-5240-6469, alhamdulillah beliau betul betul bisa ngurusin masalah ijazah saya, alhamdulillah setelah saya tlp beliau di nomor hp 0823-5240-6469, saya di beri petunjuk untuk mempersiap'kan berkas yang di butuh'kan sama beliau dan hari itu juga saya langsun email berkas'nya dan saya juga langsung selesai'kan ADM'nya 50% dan sisa'nya langsun saya selesai'kan juga setelah ijazah saya sudah ke terima, alhamdulillah proses'nya sangat cepat hanya dalam 1 minggu berkas ijazah saya sudah ke terima.....alhamdulillah terima kasih kpd bpk DR SUTANTO S.H,M.A berkat bantuan bpk lamaran kerja saya sudah di terima, bagi saudara/i yang lagi bermasalah malah ijazah silah'kan hub beliau semoga beliau bisa bantu, dan ternyata juga beliau bisa bantu dengan menu di bawah ini wassalam.....

      1. Beliau bisa membantu anda yang kesulitan :
      – Ingin kuliah tapi gak ada waktu karena terbentur jam kerja
      – Ijazah hilang, rusak, dicuri, kebakaran dan kecelakaan faktor lain, dll.
      – Drop out takut dimarahin ortu
      – IPK jelek, ingin dibagusin
      – Biaya kuliah tinggi tapi ingin cepat kerja
      – Ijazah ditahan perusahaan tetapi ingin pindah ke perusahaan lain
      – Dll.
      2. PRODUK KAMI
      Semua ijazah DIPLOMA (D1,D2,D3) S/D
      SARJANA (S1, S2)..
      Hampir semua perguruan tinggi kami punya
      data basenya.
      UNIVERSITAS TARUMA NEGARA UNIVERSITAS MERCUBUANA
      UNIVERSITAS GAJAH MADA UNIVERSITAS ATMA JAYA
      UNIVERSITAS PANCASILA UNIVERSITAS MOETOPO
      UNIVERSITAS TERBUKA UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA
      UNIVERSITAS TRISAKTI UNIVERSITAS KRISTEN INDONESIA
      UNIVERSITAS BUDI LIHUR ASMI
      UNIVERSITAS ILMUKOMPUTER UNIVERSITAS DIPONOGORO
      AKADEMI BAHASA ASING BINA SARANA INFORMATIKA
      UPN VETERAN AKADEMI PARIWISATA INDONESIA
      INSTITUT TEKHNOLOGI SERPONG STIE YPKP
      STIE SUKABUMI YAI
      ISTN STIE PERBANAS
      LIA / TOEFEL STIMIK SWADHARMA
      STIMIK UKRIDA
      UNIVERSITAS NASIONAL UNIVERSITAS JAKARTA
      UNIVERSITAS BUNG KARNO UNIVERSITAS PADJAJARAN
      UNIVERSITAS BOROBUDUR UNIVERSITAS INDONESIA
      UNIVERSITAS MUHAMMADYAH UNIVERSITAS BATAM
      UNIVERSITAS SAHID DLL

      3. DATA YANG DI BUTUHKAN
      Persyaratan untuk ijazah :
      1. Nama
      2. Tempat & tgl lahir
      3. foto ukuran 4 x 6 (bebas, rapi, dan usahakan berjas),semua data discan dan di email ke alamat email bpk sutantokemendikbud@gmail.com
      4. IPK yang di inginkan
      5. universitas yang di inginkan
      6. Jurusan yang di inginkan
      7. Tahun kelulusan yang di inginkan
      8. Nama dan alamat lengkap, serta no. telphone untuk pengiriman dokumen
      9. Di kirim ke alamat email: sutantokemendikbud@gmail.com berkas akan di tindak lanjuti akan setelah pembayaran 50% masuk
      10. Pembayaran lewat Transfer ke Rekening MANDIRI, BNI, BRI,
      11. PENGIRIMAN Dokumen Via JNE
      4. Biaya – Biaya
      • SD = Rp. 1.500.000
      • SMP = Rp. 2.000.000
      • SMA = Rp. 3.000.000
      • D3 = 6.000.000
      • S1 = 7.500.000(TERGANTUN UNIVERSITAS)
      • S2 = 12.000.000(TERGANTUN UNIVERSITAS)
      • S3 / Doktoral Rp. 24.000.000
      (kampus terkenal – wajib ikut kuliah beberapa bulan)
      • D3 Kebidanan / keperawatan Rp. 8.500.000
      (minimal sudah pernah kuliah di jurusan tersebut hingga semester 4)
      • Pindah jurusan/profesi dari Bidan/Perawat ke Dokter. Rp. 32.000.000

      Delete
  2. Mba prempov jakarta ada tes wwancaranya ga?

    ReplyDelete
  3. Halo, mba widya. Saya, novi. Salam kenal sebelumnya. Mau ada tanya soal SKB di Pemprov DKI. Boleh mba?
    Untuk soal soal SKBnya itu apakah seputar formasi yg kita lamar? Mohon pencerahannya mba.. Trima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul. Klo guru ttg ilmu pendidikan dan materi pelajaran. Formasi yg lain menyesuaikan dgn bidang keahliannya.

      Delete
    2. Berarti tidak ada undang-undang atau materi terutama yg berkaitan dengan daerah atau provinsi ya mba.
      Sebelumnya, trima kasih atas feed backnya 🙂

      Delete
    3. Ga ada ka 😀. Sama2.

      Delete
  4. halo kak, sy sudah kirim email ke kk. mohon di balas kak. mksh

    ReplyDelete
  5. Kak, kita bisa tau drmn/ cek dmn kalau tes nya hanya CAT?
    Khawatir nya ada perubahan peraturan

    ReplyDelete
  6. Kak Widya untuk tes nya hanya sekali CAT itu saja ya tahap SKB? Soalnya saya pernah baca-baca (tapi tidak dijelaskan instansi mana), SKB-nya bisa 4 hari berturut-turut.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bergantung instansi. Pengalaman kmrn, kalo pemda hanya CAT. Kalo kementerian ada wawancara dan tes microteaching juga untuk formasi guru.

      Delete
    2. Bedanya pemda sama kementrian apa bu untuk guru? Maaf masih awam

      Delete
  7. Hallo kak Widya salam kenal, saya antika dari Lampung, terimakasih sudah mau menuliskan pengalamannya saya jadi ebak bacanya dan kebanyak bagaimana untuk SKB... Apakah link di atas adalah link soal-soal skb?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo juga. Sy ga punya soal2 SKB. Link di atas soal2 UKG dan pretes PPG yg menurut pengalaman sy setipe dgn soal SKB.

      Delete
  8. Kalau contoh soal SKB, kepribadian dan Sosial itu kaya gimana ya, mba...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kebanyakan studi kasus bagaimana sikap kita ketika dihadapkan pada suatu masalah dalam pekerjaan, baik dengan rekan kerja, atasan, atau masyarakat yg diberikan pelayanan

      Delete
    2. Ada buku atau sumber sumber belajar yang recommended gak teh buat belajar

      Delete
    3. Sy kurang tau ya. Krna pengalaman kmrn pake sumber hasil download aja karena sayang mau beli buku. Hehe.

      Delete
  9. Assalamu'alaikum kak salam kenal,ceritanya sangat menginspirasi


    Kak saya mau bertanya, saya baru lulus S1 keguruan, kalau mendaftar cpns belum mempunyai sertifikasi guru itu boleh tidak kak ?

    Terima kasih sebelumnya 🙏🙏

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumussalam. Trmksh 🙏.

      Boleh karena sampai saat ini perekrutan cpns belum mewajibkan memiliki sertifikat pendidik (ga tahu aturan ke depannya ya). Hanya saja nanti yg memiliki serdik punya keuntungan dalam proses perekrutannya.

      Delete
  10. Apakah saat melamar CPNS guru posisi kita harus menjadi guru honorer dulu mba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enggak. Banyak ko fresh graduate yg baru terima ijazah yg lulus.

      Delete
  11. Mksh sdh mw berbagi cerita mb... Sy follow ig nya y..

    ReplyDelete
  12. Hallo mba, mau tanya nih untuk passing grade SKB ada atau tidak ya tahun ini.??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tahun lalu ga ada passing grade SKB mba. Nilai paling besar itu yg lolos, karena SKB tes terakhir. Tahun ini kurang tahu, sepertinya masih sama.

      Delete
  13. Halo mbak, terima kasih infonya. Mbak mau nanya untuk pemberkasan tahun lalu gak ada berkas akreditasi univ dan kampus ya?
    Ini aku rada khawatir sih soalnya aku liat di youtube ada yg butuh berkas itu

    ReplyDelete
  14. Punten kak, numpang tanya. Waktu setelah pengumuman CPNS dengan pemberkasan biasanya berapa lama kak? Sama jarak waktu pemberkasan dengan latsar biasanya beraap lama juga kak? Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. tahun lalu pemberkasan januari, pembagian SK dan mulai kerja mei, latsar sept (bertahap ada yang dapat bulan juni juga). kalau tahun sekarang kurang tahu juga ya.

      Delete
  15. Kak..mau tanuasyaratt apa yg dibawa utk bikin SKCK dan surat keterangan sehat?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau SKCK lupa ka. suket sehat KTP aja sama bawa uang. hehe.

      Delete
  16. Assalamualaikum..maaf mau tanya untuk pembuatan surat keterangan dari rumah sakit, apakah ditentukan oleh Pemprov DKI? Atau bisa yang dekat dengan domisili kita?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau dulu yg penting rumah sakit milik pemerintah kak.

      Delete
  17. Assalamualaikum. terima kasih mba atas tulisannya, bermanfaat sekali;) saya mau nanya nih mba. jadi untuk skb guru kimia itu hanya berfokus pada materi kependidikan (ompetensi pedagodik, kepribadian, dan sosial) dan materi kimia aja kan ya mba? gaada materi fisika atau biologi? soalnya aku denger dr temenku, kalo skb guru kimia itu termasuk ke guru ipa, jadi tes nya ada soal fisika dan biologi jg.

    makasih mba sebelumnya;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pengalaman kmrin saya hanya kimia mba 😊

      Delete
  18. Assalamualaikum mba apakah harus menyertakan test toefl ?

    ReplyDelete