Penghambat Seleksi CPNS

by - February 11, 2019

Sekali lagi ya, jadi PNS itu bukan cita-cita semua orang. Bukan juga cara cepat biar kaya karena penghasilannya biasa saja. Masih banyak perusahaan swasta yang menawarkan gaji besar kok. Apalagi bagi orang yang senang berwirausaha dengan peluang penghasilan yang tak terhingga. Gaji bulanan yang angkanya sudah pasti ini tentu ga bakal menggiurkan.

Belum lagi image masyarakat yang masih menganggap PNS hanya makan uang rakyat, melayani sekadarnya, masuk kantor seenaknya. Jadi PNS itu harus pake uang atau punya orang dalam. Kenapa sekolah tinggi-tinggi hanya untuk jadi pembantu negara? Dan berbagai persepsi buruk lainnya. Semua itu balik ke diri masing-masing mau disikapi bagaimana. Yang jelas kalau semua berfikir seperti itu, sistem birokrasi pemerintahan juga bakal tersendat.
Setiap orang punya jalan hidup dan jalan rejekinya masing-masing. Tinggal amanah dalam tugas agar hidup lebih berkah.

Seleksi CPNS yang lumayan panjang bukan hanya tentang tahapan seleksi yang tidak satu kali. Ada beberapa hal yang ternyata bisa jadi benturan saat kita menjalani proses seleksi sampai akhirnya resmi jadi CPNS. Saya pun menulis ini masih dalam tahap menunggu pengumuman TMT setelah pemberkasan. Jadi mungkin masih ada printilan lain yang bisa saja saya temui nanti.

Beberapa hal yang bisa membuat proses seleksi CPNS lebih sulit khususnya saat pemberkasan ini tidak semua saya alami, tapi berdasarkan yang saya lihat langsung dari teman-teman seangkatan seleksi CPNS 2018.
Sumber : https://www.studilmu.com/blogs/details/3-faktor-penghambat-karir
Saya tulis berdasarkan yang saya tahu ketika menjalani proses di instansi Pemprov DKI Jakarta ya dan saya tambah sedikit dari orang terdekat yang saya tahu langsung melakukan pendaftaran di instansi lain.

Karena setiap instansi kemungkinan memiliki kebijakan yang berbeda.

  • Kesesuaian Nama

Ini yang paling krusial dan ternyata banyak terjadi. Mungkin sebagian orang memiliki nama yang berbeda di berbagai dokumen. Misalnya di KTP menuliskan nama marga, tapi di ijazah tidak dituliskan karena terlalu panjang. Atau double huruf yang juga sering terjadi. KTP menuliskan ‘Anisa’, sedangkan ijazah menggunakan ejaan ‘Annisa’. Hal macam ini akan mempersulit kita saat pemberkasan karena pada proses itu semua dokumen kita akan dilihat dan nama yang tercantum di semua dokumen harus sama. Khususnya KTP, KK, Ijazah, dan surat pendukung lain yang perlu disertakan saat pemberkasan seperti SKCK, Surat Keterangan Sehat Jasmani dan Rohani, serta Surat Keterangan Bebas Narkoba.
Lalu, bagaimana jika berbeda? Nama yang diakui adalah nama yang tertera di Ijazah. Jadi silakan pilih ingin memperbaiki dokumen yang mana. Ada orang yang menyarankan lebih baik ubah KTP daripada ubah ijazah karena prosesnya lebih sulit.
Jadi jika berniat mendaftar CPNS tahun nanti, silakan lihat kesesuaian nama di seluruh dokumen. 


  • Tanda Tangan Legalisir Ijazah dan Transkrip Nilai
Sudah menjadi hal yang wajar proses lamaran pekerjaan dimana pun biasanya menyertakan dokumen legalisir ijazah sebagai salah satu persyaratan. Begitu juga saat proses CPNS. Tahapan administrasi awal yang kebanyakan sudah dilakukan secara full online biasanya hanya mengharuskan kita mengunggah scan ijazah. Meski ada juga beberapa instansi yang masih mengharuskan mengirim dokumen fisik ke almaat tertentu via pos atau langsung datang disamping mengunggah dokumen secara online.

Namun setelah semua seleksi dilewati , dinyatakan lulus,  hingga sampai pada tahan pemberkasan, ijazah hasil legalisir juga diperlukan.
Ini contoh ketentuan pejabat penandatangan legalisir untuk CPNS 2018
Tidak perlu hasil legalisir terbaru. Yang terpenting adalah pejabat yang menandatangani harus sesuai dengan pengumuman yang diberikan. Sepenting itu? Ya.
Setelah proses pemberkasan yang dilakukan secara tatap muka selesai, saya menunggu di teras gedung karena hujan. Saya ga sengaja menguping pembicaraan seorang peserta yang sedang menelepon (entah siapa), dia meminta orang di ujung telepon untuk melegalisir ulang. Karena proses pemberkasan ini lumayan baik hati. Jika kita belum dapat melengkapi persyaratan di jadwal pemberkasan yang seharusnya, panitia memberikan kesempatan kedua beberapa hari setelah itu untuk melengkapi berkas. Tapi alangkah lebih baiknya kalau kita mempersiapkan berkasnya dengan benar kan 😉.

  • Surat Keterangan Sehat dan SKCK

Surat-surat ini akan jadi persyaratan saat pemberkasan dimana pun instansinya. Tapia ada juga instansi yang menjadikan surat keterangan sehat sebagai syarat administrasi di awal lho. Meski dibolehkan hanya tingkat puskesmas dengan biaya murah menurut saya jadi sayang dan buang-buang uang juga kalau tidak lulus. Lagi pula untuk surat keterangan sehat rohani, setahu saya belum ada puskesmas yang bisa melayani. Harus ke RS dan biayanya lumayan juga (bagi saya).
Jadi begini, untuk tahap pemberkasan surat keterangan sehat jasmani dan rohani harus dikeluarkan oleh RS Pemerintah. RS Polri boleh? Boleh. Yang penting masih miliki pemerintah bukan swasta ya. Mungkin tujuannya biar uang yang kita keluarkan ga masuk ke pihak swasta kali yee.
Untuk Pemprov DKI Jakarta yang mengumumkan kelulusan CPNS pada bulan Januari 2019, dokumen surat-surat itu termasuk SKCK harus dikeluarkan pada bulan Januari juga.
Akhirnya saya juga harus bikin SKCK ulang karena SKCK saya dikeluarkan tangga 26 Desember 2018. Lebih nyesek ada juga yang SKCKnya dikeluarkan tanggal 31 Desember 2018. Yaa tetap harus mengurus ulang karena peraturannya begitu.

Untuk SKCK ga terlalu nyesek karena biaya ga terlalu mahal. Beda sama surat keterangan sehat yang lumayan. Dulu saya juga sempat berinisiatif membuat lebih dulu seperti SKCK karena pengumuman yang cukup lama dan khawatir waktu yang diberikan untuk melengkapi berkas singkat. Alhamdulillah bertemu perawat baik di RSUD Ciawi yang menerangkan bahwa pembuatan surat keterangan sehat menghabiskan biaya satu juta lebih disana (akhirnya saya ga buat disini, nanti insyaallah saya ceritakan buat dimana dan dengan harga sedikit lebih murah). Ia menyarankan untuk membuat setelah pengumuman. Meski saya sempat keukeuh ingin buat karena khawatir waktu mepet (hehe ngeyel ya), ia juga meyakinkan bahwa biasanya panitia menyediakan waktu yang cukup.
Jadi, saran untuk surat keterangan dibuat setelah pengumuman saja. Insyaallah waktunya cukup yaa asal mau sibuk dan rada ribet aja. Tohh ujung-ujungnya juga memang harus buat sesuai waktu yang diminta.

  • TMS (hati-hati dengan persyaratan formasi ­­cum laude dan pendidikan)

TMS (Tidak Memenuhi Syarat) adalah pengumuman yang ditakutkan peserta karena berdasarkan pengalaman beberapa instansi mengeluarkan pengumuman ini di tengah-tengah proses seleksi. Entah jeda setelah SKD saat menunggu tes SKB atau lebih parah setelah SKB saat menunggu pengumuman. Kalau dipikir kembali sangat disayangkan kalau kita tidak lulus gara-gara si TMS ini mengingat perjuangan kita menuju tempat tes juga tidak ringan setelah biaya perjalanan apalagi bagi yang di luar kota dan jauh ditambah dengan penginapan. Belum lagi harus meminta izin ke perusahaan tempat bekerja (bagi yang masih bekerja) lengkap dengan alasan yang dibuat-buat karena perusahaan melarang pegawainya mengikuti seleksi CPNS.

Idealnya TMS ini tidak akan keluar jika proses administrasi dilakukan dengan ketat. Namun namanya juga seleksi yang tidak semua prosesnya dilakukan by computer system, pastilah ada ketidaksempurnaan manusia.
Kebanyakan penyebab TMS disebabkan ketidaksesuaian pendidikan dengan kualifikasi yang dibutuhkan. Misal kita yang lulusan S-1 Pendidikan Kimia mencoba peruntungan mendaftar ke formasi dengan kualifikasi S-1 Kimia.
Banyak juga terjadi di formasi cum laude yang mensyaratkan lulusan PT dan Prodi berakreditasi A saat tahun lulus. Namun pendaftar baru menyadari akreditasi A yang didapat PT/Prodinya adalah yang terbaru. Sementara akreditasi saat ia lulus masih B.
Jadi daripada menyesal di tengah padahal sudah lulus tes, lebih baik jangan coba-coba dan lebih hati-hati ketika membaca persyaratan di setiap instansi maupun formasi. Karena sangat mungkin ditemukan banyak perbedaan.

  • Dualisme grup telegram

Menambah jejaring informasi lewat berbagai akun media sosial unofficial sangat dianjurkan. Banyak informasi tambahan atau tips bahkan pembahasan soal-soal. Begitu juga dengan keberadaan telegram yang mampu memfasilitasi grup dengan ekstra besar pasti seringkali digunakan pada event tertentu. Yaa tak terkecuali di seleksi CPNS ini.
Bergabung di dalamnya? Saya sarankan tidak terlalu penting.
Kecuali kalau kita termasuk orang yang senang bercuap-cuap di grup, atau silent reader bijak yang mampu membiarkan orang-orang berceloteh (yang biasanya itu-itu saja) tanpa berkomentar “coba pembahasannya focus ke informasi CPNS, nanti kalo ada info takut tenggelam”. Karena biasanya isinya lebih banyak menyimpang dari topik.
Apa sama sekali tak ada info tambahan? Ada. Tapi biasanya sekadar asumsi dan biasanya … tak benar dengan kenyataan di lapangan nantinya.
Contohnya ketika hendak pemberkasan, ribut soal map harus menggunakan snelhecter karena khawatir berkas tercecer, padahal pengumumannya hanya mengatakan stopmap. Kenyataannya peserta yang menggunakan snelhecter (kebetulan saat pemberkasan di sebelah saya) malah diminta ganti dengan map biasa.

Sekarang ketika pemberkasan telah selesai, sedang hangat-hangatnya persiapan seragam dan atribut lain seperti nametag. Lagi-lagi malah menimbulkan perdebatan. Yang satu berdasarkan kenyataan di lapangan ketika dia PPL di sekolah. Satu lagi merujuk pada Pergub. Yaa sudah lah tunggu saja pengumuman aslinya. Kayanya lebih tepat biar ga sia-sia kaya SKCK kalau ternyata salah.

Jadi, saran saya silakan saja bergabung dengan grup-grup yang ada kalau takut ketinggalan informasi. Tapi langkah yang kita ambil sebaiknya tetap mengacu pada pengumuman resmi panitia.
Lucu juga kadang membaca tingkah polah orang-orang di grup itu. Ada yang merasa paling benar, ada yang ngegas, ada yang ngademin, yang ngomporin juga banyak.

Sekian sharing tentang hal-hal yang kadang jadi menghambat proses seleksi CPNS khususnya ketika pemberkasan kalau dinyatakan lulus. Semoga ada waktu (ga malas) untuk sharin tentang pengalaman membuat surat keterangan sehat.

You May Also Like

7 comments

  1. terimakasih sudah sharing pengalaman-pengalamannya :) sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  2. terimakasih sharing pengalamannya, kebetulan saya bulan depan akan test SKB cpns 2019 pemprov dki, jadi infonya sangat berguna sekali .

    ReplyDelete
  3. mantap. makasih sharing info nya... ini saya masih ngarep2 hasil nilai integrasi keluar, lumayan baca2, persiapan biar ga shock ntar kalo beneran lulus.. hehe

    ReplyDelete
  4. mba, untuk legalisir apakah harus legalisir yg terbaru ya, karena sebelumnya saya masih ada? terima kasih

    ReplyDelete
  5. bener, grup wa/telegram malah buat deg degan 😅

    ReplyDelete
  6. Terimakasih ya kak, kalau boleh saya ingin bertanya kak, saya salah input nomor ijazah, harusnya no ijazah univ (terdaftar di civil dan forlap) tetapi saya input no ijazah nasional, kedua no ijazah ini ada diijazah saya, kira2 akan jadi masalah nanti ketika pemberkasan gak ya kak? Terimakasih ya kak

    ReplyDelete
  7. Kisah cerita mendapatkan ijazah asli

    ASSALAMUALAIKUM SAYA INGIN BERBAGI CARA SUKSES SAYA NGURUS IJAZAH saya atas nama rany asal dari jawa timur sedikit saya ingin berbagi cerita masalah pengurusan ijazah saya yang kemarin hilang mulai dari ijazah SD sampai SMA, tapi alhamdulillah untung saja ada salah satu keluarga saya yang bekerja di salah satu dinas kabupaten di wilayah jawa timur dia memberikan petunjuk cara mengurus ijazah saya yang hilang, dia memberikan no hp BPK DR SUTANTO S.H, M.A beliau selaku kepala biro umum di kantor kemendikbud pusat jakarta nomor hp beliau 0823-5240-6469, alhamdulillah beliau betul betul bisa ngurusin masalah ijazah saya, alhamdulillah setelah saya tlp beliau di nomor hp 0823-5240-6469, saya di beri petunjuk untuk mempersiap'kan berkas yang di butuh'kan sama beliau dan hari itu juga saya langsun email berkas'nya dan saya juga langsung selesai'kan ADM'nya 50% dan sisa'nya langsun saya selesai'kan juga setelah ijazah saya sudah ke terima, alhamdulillah proses'nya sangat cepat hanya dalam 1 minggu berkas ijazah saya sudah ke terima.....alhamdulillah terima kasih kpd bpk DR SUTANTO S.H,M.A berkat bantuan bpk lamaran kerja saya sudah di terima, bagi saudara/i yang lagi bermasalah malah ijazah silah'kan hub beliau semoga beliau bisa bantu, dan ternyata juga beliau bisa bantu dengan menu di bawah ini wassalam.....

    1. Beliau bisa membantu anda yang kesulitan :
    – Ingin kuliah tapi gak ada waktu karena terbentur jam kerja
    – Ijazah hilang, rusak, dicuri, kebakaran dan kecelakaan faktor lain, dll.
    – Drop out takut dimarahin ortu
    – IPK jelek, ingin dibagusin
    – Biaya kuliah tinggi tapi ingin cepat kerja
    – Ijazah ditahan perusahaan tetapi ingin pindah ke perusahaan lain
    – Dll.
    2. PRODUK KAMI
    Semua ijazah DIPLOMA (D1,D2,D3) S/D
    SARJANA (S1, S2)..
    Hampir semua perguruan tinggi kami punya
    data basenya.
    UNIVERSITAS TARUMA NEGARA UNIVERSITAS MERCUBUANA
    UNIVERSITAS GAJAH MADA UNIVERSITAS ATMA JAYA
    UNIVERSITAS PANCASILA UNIVERSITAS MOETOPO
    UNIVERSITAS TERBUKA UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA
    UNIVERSITAS TRISAKTI UNIVERSITAS KRISTEN INDONESIA
    UNIVERSITAS BUDI LIHUR ASMI
    UNIVERSITAS ILMUKOMPUTER UNIVERSITAS DIPONOGORO
    AKADEMI BAHASA ASING BINA SARANA INFORMATIKA
    UPN VETERAN AKADEMI PARIWISATA INDONESIA
    INSTITUT TEKHNOLOGI SERPONG STIE YPKP
    STIE SUKABUMI YAI
    ISTN STIE PERBANAS
    LIA / TOEFEL STIMIK SWADHARMA
    STIMIK UKRIDA
    UNIVERSITAS NASIONAL UNIVERSITAS JAKARTA
    UNIVERSITAS BUNG KARNO UNIVERSITAS PADJAJARAN
    UNIVERSITAS BOROBUDUR UNIVERSITAS INDONESIA
    UNIVERSITAS MUHAMMADYAH UNIVERSITAS BATAM
    UNIVERSITAS SAHID DLL

    3. DATA YANG DI BUTUHKAN
    Persyaratan untuk ijazah :
    1. Nama
    2. Tempat & tgl lahir
    3. foto ukuran 4 x 6 (bebas, rapi, dan usahakan berjas),semua data discan dan di email ke alamat email bpk sutantokemendikbud@gmail.com
    4. IPK yang di inginkan
    5. universitas yang di inginkan
    6. Jurusan yang di inginkan
    7. Tahun kelulusan yang di inginkan
    8. Nama dan alamat lengkap, serta no. telphone untuk pengiriman dokumen
    9. Di kirim ke alamat email: sutantokemendikbud@gmail.com berkas akan di tindak lanjuti akan setelah pembayaran 50% masuk
    10. Pembayaran lewat Transfer ke Rekening MANDIRI, BNI, BRI,
    11. PENGIRIMAN Dokumen Via JNE
    4. Biaya – Biaya
    • SD = Rp. 1.500.000
    • SMP = Rp. 2.000.000
    • SMA = Rp. 3.000.000
    • D3 = 6.000.000
    • S1 = 7.500.000(TERGANTUN UNIVERSITAS)
    • S2 = 12.000.000(TERGANTUN UNIVERSITAS)
    • S3 / Doktoral Rp. 24.000.000
    (kampus terkenal – wajib ikut kuliah beberapa bulan)
    • D3 Kebidanan / keperawatan Rp. 8.500.000
    (minimal sudah pernah kuliah di jurusan tersebut hingga semester 4)
    • Pindah jurusan/profesi dari Bidan/Perawat ke Dokter. Rp. 32.000.000

    ReplyDelete