Seangker Itukah Anker ??

by - February 09, 2019


Sebetulnya bukan pertama kali saya pake moda transportasi commuter line alias KRL yang menjadi sangat berjasa bagi kaum komutasi. Gara-gara pake kereta ini juga saya dapet istilah komutasi dan menyelamatkan saya untuk bisa menjawab soal SKD CPNS kemarin. Tapi pengalaman baik biasanya diikuti pengalaman yang ga menyenangkan.
Biar kebayang rutenya 😅
http://www.krl.co.id/peta-rute-loopline/
Berangkat dari stasiun Bogor menuju Rawa Buntu sama suami. Berarti kita harus naik kereta ke arah Jatinegara/Angke, transit di Tanah Abang dan lanjut pake kereta ke arah Maja/Parung Panjang. Walau kata mba di balik speaker  dengan suara merdu kereta menuju Angke berangkat jam 6.20, kami masuk jam 6.05 semua kursi udah penuh. Dan akhirnya berdiri aja. Toh walau bukan anker (anak kereta) profesional, beberapa kali naik ini biasanya saya kuat kok berdiri minimal sampai stasiun transit.

Entah karena sarapan yang seadanya, atau angin subuh karena sebelum sampai di stasiun Bogor saya dan suami melakukan perjalanan motor dari Caringin (you know Bogor mepet Sukabumi) selama hampir satu jam, atau emang kondisi badan saya yang lagi error karena semalam tiba-tiba insomnia. Baru di Stasiun UI dan penumpang makin padet (selayaknya office hour yee), kaki saya pegel (wajar lahh) dan saya udah mulai pusing, saya lirik jam pantes lumayan juga saya berdiri hampir satu jam.

Makin lama kepala saya pusing dan beberapa orang mulai ngeliatin saya. Waktu itu posisi suami berdiri di belakang buat menjaga hal-hal yang tak diinginkan dan nahan badan biar saya ga kejepit. Saya nengok ke suami buat bilang saya udah ga kuat berdiri dan mau turun aja, pas nengok bener aja kata suami keringet saya udah banyak segede jagung.

Akhirnya kita memutuskan turun dan turunlah kami di stasiun Pasar Minggu. Saya duduk sambil tarik nafas dan akhirnya mau lanjut jalan pake kereta selanjutnya. Kereta dateng, penuh banget, ga ada yang keluar, akhirnya kita ga naik. Kereta kedua, beruntung ada yang dua orang turun dan naiklah kita, walau dengan kondisi bener-bener mepet pintu. Saya ngerasain banget snack yang saya bawa di ransel (saya simpen di depan) remuk waktu pintu keretanya ditutup.

Stasiun berikutnya beberapa orang turun dan bikin kami terlempar-lempar 😅. Parahnya di stasiun Cawang . Waktu itu posisi saya udah agak bergeser, ga lagi persis di depan pintu. Ada sekitar 2 barisan orang menuju pintu, jadi saya kaya baris ketiga gitu. Saya pikir posisi itu aman lah yaa udah lumayan tengah, ga akan bikin saya kelempar-lempar lagi kalau ada yang turun. Ternyata saya salah besar pemirsa. Ketika pintu kereta dibuka, saya baru ngeuh banyak orang yang mau turun di belakang, kanan, kiri saya. Tadinya saya ga bakal turun karena mikirnya udah lumayan tengah tuh, tapi desakan orang-orang yang gilee baru ngerasain saya. Ternyata itu alasan Bapak ngelarang saya nonton Persib di stadion jaman saya SMP lagi seneng-senengnya sama Kosin Hattairatanakool 😂 (ada yang tahu doi?).

Akhirnya otak saya nyuruh saya buat udah keluar aja dulu dari kereta, tapi mungkin karena desakan itu lebih dulu datang dan bikin saya lebih dulu di posisi pintu kereta dibandingkan kesiapan saya buat melangkahkan kaki. Akhirnya … saya jatuh dari pintu kereta ke peron dan lengan kiri saya nahan badan waktu itu.

Bunyinya apa ya? Bluk? Ah ga bunyi sih.
Yang bunyi adalah suara seorang perempuan (kayanya ibu-ibu) “aaa” dan seorang laki-laki yang bilang “dibilangin suruh keluar dulu keluar dulu” tapi suaranya menjauh mungkin dia penumpang yang turun dan langsung pergi aja sambil komentar. Saya ga bisa liat orangnya karena posisi kepala saya ngadep lantai peron saat itu.

Saya berdiri dibantu suami yang ga jatuh sih karena mungkin dia lebih siap. Tadinya mau diem dulu karena masih kaget. Eh tapi ngapain kaya orang bego. Langsung berdiri aja dan masuk kereta lagi dengan cueknya. Ada malunya dikit tapi lebih banyak dongkolnya. Penumpang yang masih di dalam kereta juga diem aja. Masih penuh walau ga sepadat tadi karena cukup banyak yang turun.

Salahnya mungkin karena kami bukan anker asli ya jadi ga tau budaya di kereta itu kaya apa. Kalau kita di dekat pintu, ingat ya DEKAT pintu, bukan cuma DEPAN pintu, mending turun dulu buat kasih jalan sama yang mau turun. Karena kondisi kereta padet betul bikin ga bisa gerak sama sekali. Yaa memang harus begitu. Kalau saya tiap hari naik kereta ini mungkin saya bakal tahu aturan kecil macam itu. 

Jam menunjukkan hampir jam 9 saat itu. Mungkin orang makin ganas dikejar waktu masuk kantor demi ga kena potongan gaji kali ya. Sampai rela lohh nyikut, dorong, atau slading orang pakai badan tanpa permisi, maaf, dan tanpa merasa bersalah. Dan sudah dianggap ... wajar.

Saya ga mau komentar tentang ganasnya Ibu Kota karena isi kereta dari stasiun Bogor itu entah darimana aja. Tapi cukup saya jadi belajar juga tentang kondisi kota ini. Dulu pernah ada temen yang bilang “saya udah ga minat the buat tinggal di Jakarta”. Padahal doi berasal dari suku yang terkenal suka rantau.

Memang ga ada yang mengundang orang buat tinggal disana. Tapi beberapa bulan ke depan, karena kondisi saya pun mau tidak mau harus tinggal di daerah pinggran kota itu 😣. Jujur jadi deg-degan karena kejadian ini 😭. Meski sebetulnya ga adil kalau menilai kehidupan Jakarta hanya dari pengalaman KRL. Masih ada keindahan yang bisa diambil seperti yang direkan babang Mada Riyanhadi di IGnya. Ga nyambung ya😅. Sebelum kejadian ini saya masih takut buat tinggal disana dan kadang suka liat video itu buat sedikit menghibur diri.

Ga adil juga menggeneralisir anker sebagai orang yang … angker. Sebelumnya pernah juga naik dari Depok menuju Jakarta Kota jam empat subuh. Kaget juga saya jam segitu kereta udah penuh layaknya pagi hari. Sekitar di Manggarai udah mulai pada turun tapi saya masih berdiri. Ada seorang bapak muda yang manggil saya karena tempat duduk di depannya kosong. Alhamdulillah jadi terharu 😭.

Kereta sudah sangat sepi dan menyisakan beberapa penumpang aja (setelah Gondangdia kalau ga salah). Bapak itu masih ada dan duduk agak jauh tapi masih bisa saya dengar. Dia ngajak ngobrol hal standar, turun dimana, mau kemana, kerja atau sekolah. Kemudian bapaknya pamit dan turun duluan.
Bukti masih ada kok orang baiknya.
 😇😇😇
Cuma yang ga habis pikir itu … kalo ga nolongin, setidaknya ga usah ngatain gitu lho. Mengingatkan ga gitu caranya.
Kadang masih dongkol, tapi ya sudah lah. Yang saya alami mungkin karena lagi sial atau jadi semacam penggugur dosa untuk dosa yang terlalu banyak ini. Jadi pelajaran aja untuk tetap mempertahankan budaya kata maaf, permisi, dan terima kasih. Sepanjang perjalanan itu aja yang dibahas sama suami. 
Semoga Allah tetap mengingatkan kita agar tetap jadi manusia yang memanusiakan orang lain. Aamiin



You May Also Like

0 comments