Minta Maaf Kayanya Bukan Cuma Buat Lebaran Doang

by - December 28, 2012



                Waktu itu sekitar jam 11 malam. Udah naik tempat tidur dan udah mulai buka-tutup mata. (Pada ngerti ga ya fase ngantuk ketika mata itu udah mulai mau nutup, tapi kadang buka lagi kalau ada sedikit gangguan). Tiba-tiba handphone bunyi tanda SMS masuk. Kesel banget kalo dalam transisi antara dunia nyata dan dunia mimpi gini, tiba-tiba ada gangguan. Suka susah lagi manggil itu ngantuk. Dari seseorang yang dulu pernah bermasalah. Halah, ada apa lagi. Sempat deg-degan juga. Ternyata SMSnya panjang banget. Awalnya males bacanya. Kali aja mau ngungkit masalah dulu. Setelah dibaca, ternyata itu permohonan maaf. Lega juga sih. Tapi sekaligus aneh. Ini orang ada apa ya. Tiba-tiba minta maaf. Ada firasat bakal meninggal apa ya ini orang? Wah, atau jangan-jangan mau bunuh diri? Buru-buru aja bales SMS diselingi kata-kata yang sedikit religius. Kali aja dengan ingat Allah, niat dia mau bunuh diri ga jadi. Sampai beberapa hari, gak ada kabar duka. Sampai hari ini dia juga masih sehat walafiat sih kayanya. Lega juga dia masih hidup. Tapi masih ngerasa heran juga kenapa dia minta maaf.
                Pagi di hari libur. Setelah kesibukan ngurus sedikit persiapan suatu acara, SMS masuk. Awalnya say hai sih. Dari tiiiiittt *sensor. Halah, ga usah disensor juga ya. Dari orang yang dulu pernah bilang saya ‘Dud’. (saya tulis juga ko cerita tentang ‘Dud’ itu). Ujungnya, dia minta maaf karena udah nyebutin satu kata yang ternyata cukup bikin saya sakit hati. Orang itu tahu setelah dia baca tulisan saya di blog tentang ‘Dud’ itu. Kali ini ga kepikiran dia bakal bunuh diri sih. Pertama, karena alasannya jelas kenapa dia minta maaf. Kedua, karena orang yang satu ini lumayan kuat imannya (mungkin). Jadi kemungkinan dia frustasi dan bunuh diri kayanya kecil.
                Tiba-tiba merenung dan tarraaaa. Hahahaha. Ternyata maaf itu kata yang indah. Dan memaafkan juga sebuah proses sebetulnya. Memang marah dan cukup bikin dongkol juga sama dua orang di atas. Tapi lambata laun, sebenarnya udah maafin juga sebelum mereka berdua resmi meminta maaf. Soalnya dua kejadian itu ternyata mengandung hikmah dan pelajaran yang luar biasa. Mungkin tanpa kejadian itu,saya enggak akan jadi kaya sekarang ini. (emang udah jadi apa ya sekarang? Haha)
                Merenung lagi. Duhh, jangan-jangan pernah buat orang kesel dan belum sempat minta maaf. Kapan ya mau minta maaf? Nunggu lebaran gitu? Keburu dimaafin duluan. Ckckckck. Dosanya gimana ya? Pantes aja kalau lebaran suka ada slogan “mohon maaf buat yang kerasa dan yang ga kerasa”. Yang enggak kerasanya itu kayanya lebih banyak dari yang kerasa. Hehe.

You May Also Like

0 comments