Pembatalan Tiket Kereta Masih ke Stasiun Aja? (Akibat Ke-kudet-an)

by - May 30, 2019

Lebaran tahun ini jadi pengalaman mudik yang pertama dari Jakarta. Tahun kemarin masih jadi warga Bandung yang ga ngerasain mudik. Rencananya saya dan suami akan berangkat dengan kereta karena (takutnya) tol Jakarta-Cikampek masih luar biasa macetnya. Daaan sebetulnya saya juga seneng naek kereta (kecuali KRL saat rush hour, oh no !! 😵). Karena saya terakhir masuk kerja tanggal 28 Mei sementara suami besoknya jadi hari terakhir masuk kantor, kami book tiket untuk tanggal 30 Mei. Booking  via aplikasi shoopee sekitar tanggal 15 Mei. Itupun tinggal beberapa tiket yang tersedia, Alhamdulillah masih kebagian merasakan liburan agak panjang di rumah 😇.

Tapi H-3 keberangkatan dapat berita kalau saya wajib upacara peringatan Hari Lahir Pancasila tanggal 1 Juni 😱. Gusar aja rasanya. Karena lobbying tetap alot dengan alasan “Bandung deket” akhirnya rencana awal batal. Langsung cek tiket di tanggal 1 Juni malam. Seinget saya waktu coba-coba cari tiket di tanggal segitu udah full. Alhamdulillah ada kereta tambahan ternyataaa 😊. Pengen jejingkrakan rasanya dan say goodbye sama jalan tol 😝. Soalnya beberapa bulan sebelumnya saya cukup sering bolak-balik Bandung-Bogor. Ada kali ampir sebulan sekali dan cukup kenyang tidur-bangun-tidur-bangun atau melewati terang-hujan-terang ketika lewat tol.

Berarti si tiket tanggal 30 Mei harus dibatalkan. Info yang saya dapet dari shoopee itu ticket cancellation  kudu dateng ke stasiun yang melayani (untuk Jakarta bisa di Gambir, Senen, Jakarta Kota dan beberapa stasiun yang saya lupa) paling mepet 60 menit sebelum jadwal keberangkatan. Yowess akhirnya 30 Mei siang abis dzuhur pergi ke Gambir di tengah terik matahari.

Nyampe sana sekitar jam 2.30 dan spot buat pembatalan tiket ada di pintu utara deket gerbang kedatangan.
Awalnya kita ambil nomor antrian dan isi formulir di meja deket mesin nomor antrian. Isi formulir dan jangan lupa bawa fotokopi ID plus ID asli (bisa KTP/SIM). Kalau buat satu nomor booking dengan penumpang lebih dari satu cukup pake salah satu ID aja.

Setelah isi formulir tinggal tunggu dipanggil. Dan ujian pun dimulai. Nomor antrian berjalan sekitar 350 dan saya dapet nomor 796 😩😪. Sudah siap aja buat buka di stasiun 🙈 ngalamin juga buka puasa sebagai musafir 😂. Lagi berdiri liatin nomor antrian yang uwoww itu, tiba-tiba ada seorang bapak yang duduk lesehan deket saya berdiri nanya “nomor antrian berapa mba?” saya pun memperlihatkan nomor antrian sambal senyum kecut. Daaan voilaaa tangan Allah lagi bekerja 😇😂. Bapak itu tiba-tiba ngasih nomor antrian 621 ke saya. Pengen nangis rasanyaaaa bisa lewatin 100 antrian lebih 😭. 


Sumber : https://thumbs.gfycat.com/SimplisticShallowArmyworm-size_restricted.gif
Bapak itu cerita kalau itu antrian dia, tapi dia dapet nomor yang lebih kecil dari orang lain gara-gara tiket yang mau dibatalin sama orang itu masih jauh. Dan Bapaknya bantuin orang itu buat membatalkan via aplikasi. Wait wait jadi gimana pak?

Jadi kalau tiket yang mau kita batalkan masih lebih 24 jam dari keberangkatan masih bisa reschedule atau dibatalkan via online aja. 
Hedewwww tahu gitu dari kemarin eikee batalkan lewat hape aja cyiin. Emang dasar harus bagi rejeki buat mamang gojek kali ya.

Yaa jadi ngobrol ringan lah sama bapak yang bagai malaikat banget saat itu 😅. Bapaknya batal ke Indramayu tanggal 30 Mei (yaa hari ini maksudnya sama kaya akika) karena dia kira 31 Mei cuti bersama tapi ternyata enggak dan dia baru tahu tadi pagi jadi ga bisa batalin via online. Tapi katanya beliau pegawai PJKA yang memang sering naik kereta. Awalnya bingung bukannya harusnya gratis. Terus si Bapak sambil ketawa puas bilang PJKA maksudnya Pulang Jumat Kembali Ahad. Sa ae pak ngibulin yang masih muda 😏.

Daan akhirnya dengan sekitar jam empat lebih sekian nomor 621 itu dipanggil dan langsung ke loket. Kita serahin nomor antrian, form isian, fotokopi KTP dan KTP asli kita. Prosesnya cepet kok, paling 2 menit aja. Yang lama itu pengembalian dananya 😅. Pengembalian dananya bisa via transfer bank atau tunai dengan cara datang langsung ke stasiun, tapi ada potongan 25%. Kemudian kita dikasih bukti kaya resi gituu. 
Daan selesaaaai. Walau agak nyesek karena ternyata bisa ­cancel via online aja selama masih lebih dari 24 jam sebelum keberangkatan wkwkwk. Enggak apa-apa deh jadi pengalaman juga.

You May Also Like

0 comments