Baiknya Jangan Ramadan Doang

by - August 10, 2012


Ramadan sebentar lagi memang akan berakhir. Namun semangatnya masih terlihat di kalangan kaum muslim. Banyak juga yang semakin memeperbanyak ibadahnya di sepertiga waktu terkahir ini karena mengharapkan malam yang lebih baik dari seribu bulan itu. Acara buka bareng juga masih banyak terlihat. Tempat makan dari mulai warteg sampai restoran yang nyediain kobokan (banyak banget mangkok dan sendoknya soalnya) masih banyak diburu orang waktu maghrib tiba. Meskipun tidak sedikit juga dari mereka yang malah melupakan solat maghrib gara-gara keenakan ngobrol sama temen lama, karena biasanya buka bareng juga jadi ajang reuni. 

Bagi mereka yang ingin menyentuh sisi sosial lewat buka bareng, biasanya mereka ngajakin anak dari panti atau bagi-bagi makanan ke anak jalanan. Tidak terbatas pada saat buka puasa, sekarang sahur juga banyak dipilih buat waktu beramal ke sesama gitu. Apalagi saat weekend, coba keluar rumah buat ngadain acara sahur bersama anak jalanan. Biasanya kita malah sulit nemuin orang di jalan yang belum dapet makan sahur. Atau parahnya malah bentrok di satu tempat sama kelompok lain yang punya niat sama.

Ramadan emang ajaib. Dari mulai kaum preman sampai kaum hedonis, kadang jadi insaf berjamaah saat Ramadan datang. Masjid jadi penuh. Yang biasanya dengerin lagu korea sekarang ganti jadi nasyid atau murotal qura’an. Biasanya pakai baju kurang bahan, sekarang jadi daftar member hijabers. Tempat dugem tutup. Para wanita penggoda mudik lebih awal karena katanya untuk menghormati bulan Ramadan.
Waktu denger ceramah sebelum solat tarawih atau kuliah subuh, biasanya ustadznya berandai-andai kalau sepanjang tahun itu adalah bulan Ramadan. 
(rada lupa cerita awalnya gimana itu ya. Siapa gitu yang berandai-andai gitu. Maklum, biasanya dengerin dengan kondisi perut masih kenyang atau ngantuk)

Karena masih kecil, maksudnya belum ngerti, saya cuma bisa nyengir kuda. Ogah lah tiap bulan itu jadi Ramadan. Puasa terus dong. Laperrr tiap siang. Huhuhuhu.

Tapi sekarang rasanya emang bener juga. Bukan bermaksud sok alim. Diluar berbagai janji pahala yang dilipatgandakan, yang saya kangenin dari Ramadan itu suasananya. Bahkan salah satu temen saya yang nonmuslim pernah ditanya sama seorang dosen. Dosen PLSBT tepatnya. (Ini dosen PLSBT sering banget kesebut yaa). Beliau bertanya apa perbedaan yang bisa dirasain dia sebagai orang nonmuslim di bulan Ramadan. (enggak tahu juga sih dia jawab jujur apa enggak. hehe). Tapi yang jelas dia jawab kalau dia suka suasana di bulan Ramadan. Katanya saat Ramadan dimana orang-orang lagi puasa, biasanya kita jadi terlihat lebih terkontrol. Yang bisa saya tangkep menurut dia sih gitu. Saya sempet suudzon juga, lebih terkontrol karena lemes kali. Hehehe. Tapi ya apapun alasan seseorang jadi lebih terkontrol saat Ramadan, toh itu adalah hal baik. Ngapain juga harus diungkit-ungkit alasannya.
Sebentar lagi Ramadan pergi dan lebaran dateng. Yang katanya Hari Kemenangan itu kadang jadi seperti momen pembebasan diri dari segala belenggu aturan tak kasat mata dari Ramadan itu sendiri. Berasa itu setan-setan yang katanya diikat saat Ramadan lepas lagi gitu ya. Sampai lebaran ketupat sih masih keliatan baiknya.
(Ada yang enggak tahu tentang lebaran ketupat? Sedikit cerita ya. Di beberapa daerah ada kaya semacam kebiasaan dimana seminggu setelah hari Ied pertama itu, biasanya mereka berlebaran lagi setelah seminggu itu mereka melaksanakan saum syawal.)

Tapi setelahnya tidak sedikit orang yang jadi berubah ke asal. Yang mudik lebih awal itu pulang lagi ke negeri perantauannya. Memenuhi berbagai tempat hiburan gityuu deh. Jilbab yang sempet diborong buat dateng ke berbagai acara pengajian dan pesantern kilat, jadi penghuni lemari paling bawah. Hanya beberapa orang yang masih setia solat berjamaah di mesjid. Itu pun mereka yang sudah masuk kategori usia tidak lagi produktif.
Yang miris lagi anak-anak panti itu kembali menjalani kehidupan normalnya. Tidak ada lagi makanan enak hasil traktiran dari orang-orang. Tidak ada lagi bingkisan yang bisa bikin mereka tersenyum senang. Mungkin saja kalau mereka tidak memiliki keikhlasan dalam hatinya akan keadaannya saat ini, mereka bisa saja berkata, “Pak, Bu, Kang, Teh, ngajak makannya jangan cuma Ramadan doang dong. Kan kita pingin makan enak bukan saat Ramadan aja.”

Buat saya yang orang awam, kadang saya jadi mikir, sebenarnya untung ada Ramadan. Kalau enggak mungkin kita udah bener-bener lupa sama hal baik yang seharusnya kita lakuin. Enggak salah Allah menyelipakan satu bulan diantara sebelas lainnya supaya kita masih ingat sama Dia. Cuma seperduabelas dari waktu kita yang banyak kita habiskan buat urusan duniawi, kayanya egois banget kalau kita masih tetep ga peduli sama ‘ibadah’ kita.
Dan kalau mau lebih bijak, Ramadan itu bisa jadi semacam training pembiasaan diri supaya setelah selesai, kita jadi terbiasa. Terbiasa dengan suasana, kebiasaan, dan berbagai aturan informal yang tak kasat mata tadi, yang biasa kita lakuin di bulan Ramadan. Simpelnya bawa juga deh hal baik yang kita lakukan di bulan Ramadan supaya jadi habit di bulan-bulan lainnya.

You May Also Like

1 comments

  1. BAGUS BANGET. kenapa ga di share?
    suka menyimpan bakat diem2 dech

    ReplyDelete