Lupa Nama (saat UAS), Disangka Joki

by - February 22, 2013



Kamis sore itu pulang dari kampus dalam perjalanan menuju rumah murid privat saya. Kaget banget dengan isi SMS dari salah satu teman yang bilang saya disuruh menghubungi salah satu dosen terkait dengan mata kuliah yang saya kontrak dengan beliau. Duhh, langsung mues deh ini perut. Membayangkan kalau nilai saya jelek dan harus dapet perbaikan. Apalagi coba jika dipanggil dosen saat masa pemasukan nilai kalau bukan karena nilai kita yang bermasalah.  Enggak sabar pengen cepet nyampe tempat yang memungkinkan buat menghubungi dosen yang bersangkutan.

Begitu nyampe rumah murid saya, sambil nunggu anaknya siap, saya telpon itu dosen. Tapi jawabannya bikin makin mules semalaman. Beli bilang “hmm, kayanya harus ketemu. Besok saja ya temui saya di ruangan saya. Sekalian sama Lailatul Husna ya.” Huwaaaa, apa pula? Langsung remedial kah? Dari sekelas, Cuma berdua yang nilainya jelek? Hmm, saya coba inget-inget lagi. UTSnya emang rada susah. Tapi UASnya perasaan saya bisa ngerjain. Karena materi UAS itu juga saya dapatkan dari mata kuliah dasar dulu. Huhuhuhu. Saya jadi merenung sepanjang perjalanan pulang menuju rumah. Apa karena saya terlalu meremehkan sesuatu, akhirnya saya ditegur dengan cara ini. Nyampe rumah, kalau bukan karena cape dari pagi sampe malam berkegiatan, kayanya saya bakal insomnia malam itu.
Paginya, ga semangat banget deh pergi ke kampus. Bawaannya mules terus. Setelah selesai kuliah, capcus ke ruangan dosen itu sambil ngonrol sama temen yang juga disuruh menghadap. Sejelek itu ya nilai kita? Tapi ko Cuma berdua? Apa emang Cuma berdua yang bodohnya? Huhuhuhu.

Begitu sampai, dosen itu nyuruh duduk dan nyuruh nulisin nama dan NIM kita masing-masing. Apa coba? Agak ngerasa aneh juga. Tiba-tiba dia sodorin dua lembar jawaban UAS dengan nama Lailatul Husna. Saya yang masih rada kebawa tegang, belum ngeh maksudnya apa. Sampai dosennya bilang “coba kenapa nama Lailatul Husna bisa ada dua gini?” Barulah saya sadar ketika melihat itu UAS saya, tapi kenapa namanya nama Ilel? “Lohh, Bu. Ini punya saya” refleks dong saya bilang gitu karena emang itu tulisan saya dan saya masih inget jawaban saya di nomor pertama.
“Nahh, ko bisa gini?”

Secepat-cepatnya saya panggil kembali seluruh memori otak saya buat inget kejadian waktu UAS. Ya ampuuun, saya baru inget. Waktu itu Ilel (nama panggilan buat Lailatul Husna) duduk di bangku depan saya. Dia nanya tanggal buat diisi di lembar jawaban. Waktu itu saya juga lagi ngisi identitas dong. Entah kenapa waktu saya ngisi nama, saya jadi nulisin nama dia. Ouchhh, mungkin waktu saya liat tulisan “Nama : ...” yang otak saya tangkep, ini kertas nanyain nama ilel. Haduhhh,,,

Seketika itu juga saya lagsung ceritain kejadian dan analisis saya itu. Huhuhuhu. Dosennya percaya. Karena memang dibandingkan dengan tulisan saya saat UTS pun sama. (ya ya lah, emang saya yang ngerjain). Awalnya dosen itu curiga dengan praktik per’joki’an ketika tahu ada dua nama yang sama di lembar UAS. Wadahhhhh, Ibuuuuu segitunyaaaa.Tapi saya juga ga bisa nyalahin. Yaa itu dosen pasti bingung dan suudzon duluan. Ga mungkin beliau mikir ada orang yang lupa namanya saat UAS (pula). Tapi emang itu kenyataannya, saya lupa nama saya. Sebenarnya bukan lupa. Saking grogi dan banyak pikirannya saat itu, mungkin saya jadi kalut.

Duhhh, entah dosen itu nyangka saya pake joki, atau saya nge’joki’in Ilel, saya ga tahu. Yang jelas ketika dosen itu sempet bilang “ohh gitu.  Ya awalnya saya sangka ini kaya per’joki’an”.  Dan saya pun motong “Bu, saya ga punya niat kaya gitu. Yang jelas kejadian ini entah konyol atau malah justru berbahaya, saya ga tahu. Yang pasti setelahnya saya bener-bener introspeksi diri. “Ko bisa lupa nama. Saat UAS pula men”. Yaa meskipun setelahnya, jadi bahan ketawaan temen-temen juga.
Buat Ilel, maafkan diriku ya. Sudah membuatmu ikut galau bersamaku semalaman karena mikirin nilai kita. Padalah enggak ada masalah dengan nilai kita. Hahahaha. Buat Ibu dosen Kimia Fisika 4, maafkan kecerobohan mahasiswa mu ini ya, Bu. Aku hanya mahasiswa lemah yang berlumur dosa dan khilaf. Hahahaha.

You May Also Like

0 comments