Gracias, Bu, Pak

by - March 27, 2013



                Pernah merasa menyesal dilahirkan dari keluargamu sekarang? Misalnya karena melihat kehidupan orang lain yang menurutmu lebih sempurna. Sehingga kamu berandai-andai kamu dilahirkan dari keluarga seperti dia. Saya juga pernah berpikir demikian. Tapi sekarang enggak pernah lagi. Sejak kapan ya? Hmmm, sejak banyak belajar mungkin.
Episode kali ini lagi pengen banget bersyukur karena dilahirkan dari keluarga saya sekarang. Betapa bahagia punya dua orang tua yang bener-bener sayang sama saya. Meskipun dulu, pernah dijailin sama seorang paman. Katanya saya ini anak pungut yang ditemuin di dalem kaleng “Biskuit Lebaran” (saya enggak mau bilang merk) di sungai deket rumah. Waktu itu saya langsung lari ke rumah dan nyeritain hal itu ke Ibu. Ibu saya ketawa sambil ngelus saya. Saya enggak inget sih waktu itu beliau bilang apa. Yang jelas intinya, beliau bilang saya anak kandung mereka.
Inget banget waktu itu liat temen lagi maen pake uang-uangan dari Monopoli. Bagi saya bagus banget. Ada gambarnya. Kaya uang asli. Nyampe rumah, cerita sama Ibu dan minta dibeliin. Ibu saya enggak tahu Monopoli, makanya beliau bingung saya minta apa. Yang saya bilang pokoknya uang-uangan yang warna-warni. Saya juga engggak tahu kalau itu namanya Monopoli. Haha. Waktu itu Ibu saya bikinin uang dari kertas yang dijiplak pke pinsil diatas uang logam. Bagus sih. Jadi timbul gambar persis kaya uang logam itu. Meski cukup bikin saya diam sesaat, dan ngerengek lagi karena saya pengen uang mainan berwarna. Setelah Bapak pulang, baru deh Ibu dan saya nyeritain apa yang saya pengen. Alhamdulillah, Beliau ngerti mainan yang dimaksud.
Inget juga waktu dulu dengan gampangnya minta adek karena iri liat temen maen udah punya adek. Mana Ibu temen itu manas-manasin terus kalau saya lagi maen ke rumahnya. Katanya “Wi, ga pengen punya adek? Minta ke mamah. Nanti bisa diajak maen adeknya.” Lahh, saya yang sulung, yang kalau di rumah enggak ada temen maen, membenarkan apa kata Ibu temen itu dong. Nyampe rumah, ngerengek minta adek. Tiap hari . Dulu kan enggak tahu ngebrojolin anak itu darimana. Kirain bisa beli dimana gitu. Hehe.
Dan setelah tau hamil, giliran minta adeknya haris cowok. Kalau bukan cowok, mending kasiin aja ke tetangga disana yang belum punya anak. Soalnya saya pikir adek perempuan itu pasti nyebelin. Kita beli bando, pasti di pengen. Ribet lah. Mending cowok. Simpel. Dan alhamdulillah, yang keluar cowok. J Seneng luar biasa waktu bangun pagi, Bapak bilang adek udah lahir. Meskipun sempet pengen nangis awalnya, karena bangun pagi, enggak ada Ibu di rumah.
Sekarang umur saya sudah lebih dari dua dasawarsa. Huhu, sudah tua. Tapi saya rasa belum bisa ngebales semua kebaikan mereka. Enggak bisa tepatnya. Enggak pernah lagi minta mainan yang bikin bingung atau minta adek dalam sekejap. Yang saya pengen sekarang adalah berlama-lama bersama mereka. Buat saya aneh kalau ada orang yang nikah muda. Apa mereka udah merasa ‘kenyang’ sama kasih sayang orang tua? Apalagi kalau ada orang tua yang nyuruh anaknya nikah. Meskipun niatnya baik, buat saya orang tua itu kaya orang tua yang udah bosen ngurus anaknya, terus nyuruh orang lain buat nerusin ngurusin anaknya. Huhuu, sedih kan?
Saya enggak bisa ngebayangin gimana kalau waktu buat nikah itu dateng. Bakal pisah sama mereka. Ibu suka cerita kalau baru dateng dari pengajian siraman menjelang pernikahan. Pasti ceritanya tentang suasana sedih waktu acara sungkeman seorang anak ke orang tua buat minta ijin nikah. Huwaaaa. Iya juga. Ngebayangin aja sedih banget. Ngebayangin sungkem ke Bapak yang selama ini dengan setia anter jemput kemana-mana. Meski kadang marah kalau nunggunya lama. Tapi kalau saya minta, mau badai apa juga dilewatin. Kadang saya mikir, suami saya bakal kaya gitu enggak? Saya bukan takut enggak dianter atau dijemput. Tapi apa ada orang yang sayangnya kaya beliau?
Teman, yang masih berharap dilahirkan dari keluarga lain karena iri dengan kehidupannya. Coba inget-inget lagi perjuangan kedua orang tau yang bisa saja tidak kalian dapatkan dari orang tua manapun. Setiap orang tua punya caranya tersendiri untuk meluapkan rasa kasih sayangnya. Begitu kata temen saya Aang. Karena waktu itu saya iri sama Bapaknya yang ngelus kepalanya, waktu dia pulang ke Cikampek. Saya bilang, seinget saya, Bapak saya enggak pernah ngelus saya. Apalagi setelah saya besar. Tapi Aang bilang satu kalimat yang bikin saya jadi senyum dan pengen nangis juga “Bapak kamu mungkin emang ga pernah ngelus kamu, Wid. Tapi Bapak kamu anter-jemput kamu tiap hari”

You May Also Like

0 comments