Hablumminallah dan Hablumminannas

by - March 27, 2013



                Ada orang yang bilang kalau saya itu orang yang cerewet. Gatel suka komentar tentang apa pun yang dilihat yang enggak sesuai sama saya. Bagi saya hal itu ga masalah. Selama saya masih bisa ambil pelajaran. Terlebih bisa jadi pelajaran buat orang lain.
                Waktu itu lagi mau sholat maghrib di mesjid DT. Naik ke lantai tiga karena tempat sholat di lantai dua udah penuh. Pantes, udah mulai ternyata. Dengan segera masuk ke shaf, ngeluarin mukena dari tas, sambil nutup lagi retsleting tas sambil nyimpen tas di depan saya. Meskipun masjid itu rumah Allah, tapi Rasul juga mengajarkan untuk selalu mengikatkan untanya bukan?
Tiba-tiba kaget. Ada yang nendang mukena yang saya simpen di sebelah kanan saya. Sempet ngedumel juga. Ihh ni orang ga sopan banget. Tiba-tiba masuk ke shaf dan ambil bagian kanan saya dengan terburu-buru sambil bilang “cepet,cepet”. Padahal waktu itu imam baru bacain basmalah buat alfatihah rakaat kedua setelah bangun dari sujud. Sempet ngedongak sambil numpukin map yang saya bawa di atas tas saya. Ibu-ibu ternyata. Hmm. Ga sampai situ, itu orang masih aja nambah gelengan kepala saya. Dia ngomel-ngomel “ ini tas jangan ditaruh di depan. disimpen di belakang aja” dengan nada ga ramah dan mindahin tas orang di sebelah kanannya yang lagi pake mukena. Karena tas orang yang di sebelah kanannya, tepat ada di depannya. Orang yang lagi pake mukena Cuma diem, dan ngambil tasnya lagi, mindahin tasnya itu ke depannya lagi. Idihhhhh.
Beneran deh itu orang bikin sholat saya ga khusyu karena kesel. Mungkin agak lebay juga. Masa kaya gitu aja kesel. Tapi banyak hal yang bikin menggelitik. Pertama, memindahkan benda dengan kaki itu menurut saya itu ga sopan. Kedua, itu orang sembarangan banget mindahin tas orang lain. Gimana kalau pemilik tas itu udah sholat dan ga sempet mindahin lagi ke depannya. Terus tasnya hilang. Apa ibu itu ga bakalan dituduh sebagai komplotan pencuri bermodus jadi jamaah mesjid?
Buat saya aneh aja. Itu mau sholat, mungkin maksud Ibu itu baik. Pengen lebih cepat menghadap Allah. (Padahal menurut saya, tenang aja kaleee. Imam aja baru aja baca basmallah buat alfatihah) Tapi menurut saya, sholat itu harus dilaksanakan dengan tertib. Termasuk persiapannya. Ga khusyu juga kan kalau lagi sholat tiba-tiba inget pintu belum dikunci? Ibu itu pernah belajar tentang toleransi dan sopan santun dengan orang lain ga sih? Ga ngerti deh. Gimana sih batasannya Hablumminallah sama Hablumminannas

You May Also Like

0 comments