Ge-Er Yuk !!

by - February 10, 2018

"Aku ngomong monyet, kamu aja ngerasa dipanggil"

Itu penggalan kalimat di film Petualngan Sherina. Kalau di film itu konteksnya memang sebetulnya si Sadam manggil monyet ke Sherina. Tapi kalo tanpa lihat adegan filmnya, jadi berasa kesentil. Sering banget ngalamin gitu. Geer duluan.

Geer yang saya maksud bukan geer dalam konteks negatif ya. Karena beberapa geer bisa menimbulkan perbaikan diri. Asal kita mau sedikit merendahkan hati sih. Sebagian bahkan setiap orang pasti pernah mengalami. Ketika datang ke kajian atau event motivasi, speakernya bilang tentang sesuatu ko mirip banget sama kondisi kita. Lalu kita jadi makin tertarik untuk mendengarkan karena memang ngerasa butuh solusi dari permasalahan kita. Ahh tapi itu bukan kebetulan juga sih. Bisa aja kita hadir kesana memang karena menyesuaikan dengan tema yang dibahas.

Ada yang lebih kebetulan. Sedang galau, iseng buka timeline, lalu nemu twit Aa G*m yang bikin kita jadi melting serasa diguyur siraman rohani saat kemarau panjang. Padahal pernah curhat aja enggak sama beliau. Ko bisa langsung ngasih solusi atau sebatas penghiburan yang pas banget.

Aau lewat buku yang sedang kita baca dengan judul yang sama sekali tak ada hubungan dengan permasalahan kita, tapi menuliskan quote yang sangat mengena. Atau tanpa sengaja baca stiker di angkot. Atau status teman di media sosial yang jumpa langsung aja jarang banget. Dan berbagai kebetulan yang bikin kita jadi mikir "Ih ko bisa tau? Ko bisa pas?"

Saya sih ga ngerti teori psikologi atau ilmu lain yang bisa membahas berbagai kebetulan ini. 
Entah karena sugesti atau memang alam sedang berkonspirasi menolong lewat tangan-tangan tak dikenal. 
Yang jelas lewat kebetulan ini, kita jadi seperti berdialog dengan Allah. Lebay ya? Seperti mendapat jawaban dari kegamangan yang sudah atau bahkan belum sempat kita doakan. Rasanya ingin berterima kasih tapi pastinya yang bersangkutan bakal bingung untuk apa terima kasih yang kita beri. 

Atau geer bentuk lain yang biasanya diinisiasi sama temen sendiri. Tapi kalau ini kadang ada penyertaan suudzon, meski sebetulnya lagi-lagi kalo kita mau menurunkan ego, mungkin itu teguran alami dari Allah. Misal teman tiba-tiba ngomongin kejelekan si A yang bla bla bla. Terus kita ngerasa kesindir dan malah sebel sama temen kita itu. Kita kira dia lagi negur tapi pake majas ironi. Padahal temen kita sama sekali ga punya niatan itu, toh karena dia juga ga tau tentang kejelekan kita yang satu itu. Coba sedikit peka, kalau kita memang ga salah, kenapa harus merasa tersindir dong? Berarti memang ada sesuatu dalam diri kita yang bikin kita ngerasa kesindir.

Jadi, geer itu baik dalam beberapa kondisi ya. Dengan konsekuensi ya kita juga ga perlu jadi orang yang baperan karena ngerasa kesindir sama orang yang padahal belum tentu tahu permasalahan kita. Positifnya mungkin orang-orang itu dengan sengaja dikirim Allah menjadi teguran level rendah supaya kita mau memperbaiki diri. Atau justru sekadar pelipur lara kala hati tersiksa. Ceilee.

You May Also Like

0 comments