Sekuel : Lanjutan Atau Reunian? (Review EIIL 2)

by - February 16, 2018

Kecewa karena beberapa minggu lalu, di hari keempat tayang, dengan ganti dua bioskop, itu tiket Dilan kalau mau kebagian harus ambil jam 9 malam. Ya kali Cinderella, boleh pulang jam 12 malam. Padahal itu film menghabiskan minimal 3/4 jatah studio di tiap bioskop. Tetep aja membludak ya. Ckckck.

Sebulan kemudian, muncul lagi film sekuel ala-ala AADC. Dulu seinget saya, kesuksesan film pertamanya juga mirip-mirip AADC. Cuma kalau saya lihat pasarnya beda. AADC (walau waktu itu diperankan sama anak SMA) merambah ke orang yang beranjak dewasa. Sedangkan film ini sangat sangat remaja. Mana yang main Shandy Aulia dengan karakter manja yang menurut saya agak berlebihan juga, jatohnya malah pengen jadi nimpukin karena kemanjaannya. Tapi karena penasaran, tetep aja pengen nonton film Eiffel I'm in Love 2 ini.

Penayangannya bareng sama film Marvel "Black Panther". Saat yang lain justru penasaram sama film luar, ga tau ini selera susah banget diajak buat tinggi. Tetep aja pengen nonton film Indonesia. Wkwkwk. Ya udah lah ya. Apa harus ikut-ikutan biar dibilang keren dan kekinian?

Berkaca dari pengalaman nonton AAC 2 yang beli tiket OTS yang mepet waktu penayangan dam kebagian di kursi paling depan, akhirnya saya dan teman beli via ticketing online. Daaan wihh beruntung lagi ada promo diskon 40%. Jam penayangan 19.00 dan kita baru keluar kantor jam 18.30. Setelah beres sholat maghrib, order ojol baru dapet jam 18.45. Hahaha. Ya sudah  lah. Memang pasti terlambat juga.

Masuk studio 19.25 memang sudah mulai. Tapi kayanya belum ketinggalan jauh. Awalnya diceritain Tita yang lagi LDR sama Adit, sekarang udah jadi dokter hewan dan sahabatan sama Adam. Uni, sahabatnya Tita jadi kakak ipar Tita. Iya dia nikah sama Alan. Suka sama Uni sekarang. Lebih keliatan dewasa dan matang. Nanda, sahabat Tita yang satu lagi udah nikah juga. Konfliknya bermula di situ sih. Di saat yang lain udah pada nikah, Tita masih aja belum dilamar sama Adit. Dan keluarga mereka memutuskan pindah ke Paris sampai entah kapan. Jadi lah Tita ga LDR lagi. Daaan saat itu lah, harapan Tita untuk segera dilamar makin naik. Belum lagi Uni sama Nanda yang jadi kompor banget. Puncak konfliknya sih tentang miskomunikasi gitu. Adit nyuruh Tita buat nunggu sebentar lagi. Tita salah paham karena lihat adit pegangan tangan sama Celine (temen Adit di Paris) dan nyangka Adit belum siap karena masih ingin bebas. Padahal, Adit belum siap karena ia perlu merencanakan semua masa depannya pasca ditinggal meninggal Babehnya. Jadi rumah Adit dijual untuk lunasin semua utang Babeh dan restorannya dan sisanya ia beli apartemen .. yang viewnya langsung Eiffel tapiii, belum direnov dan belum ada isinya. Nahh, Adit ini belum siap karena ingin mempersembahan yang terbaik buat Tita. Itu intinya sih. Ada bumbu-bumbu lewat kehadiran Adam juga di Paris yang bikin mirip FTV sih sebetulnya. Heee.
Recomended? No.
Banyak adegan dan menurut saya frame ceritanya sama kaya EIIL 1. Dan sangat remaja sekali. Jadi berasa ketuaan, ya cukup menghibur buat yang kangen sama karakter Tita yang manja plus Adit yang sombong, arogan, nan cool itu.

Dan entah kenapa, pengalaman ini saya rasakan di AAC 1. Ngerasa cuma jadi bagian reuni film sebelumnya. Frame ceritanya sama, konfliknya besarnya sama, ending ceritanya pun sama. Hmmm. Saya ga baca novel AAC 2, tapi menurut yang udah baca sih, mereka kecewa. Saya aja yang ga baca novelnya merasa kecewa. Gini doang? Jadi untuk kedua film ini ngerasa terlalu maksa dibikin sekuel. Memaksa mencari celah cerita dari bagian film pertama yang sebetulnya sudah selesai semua.

Tapi justru saya merasa beda ketika nonton sekuel AADC. Ada pengembangan cerita dan konflik di sana. Karakter tokohnya juga jadi beda menyesuaikan dengan umur yang makin dewasa. Jadi lah ini memang cocok untuk ditonton anak AADC dulu. Walau banyak yang kecewa dengan film ini. Saya malah merasa puas. Memang ada bagian yang belum selesai di film pertama dan terselesaikan di film kedua.

You May Also Like

0 comments